Bukan hal yang baru lagi bahwa investor bisnis dari seluruh dunia berupaya memasuki pasar asing untuk memperluas operasi bisnis lokal mereka atau mendiversifikasi investasi mereka dan membangun operasi baru di pasar internasional.
Setiap tahun, ratusan perusahaan yang bergerak di bidang wirausaha dan berkembang mempertimbangkan ekspansi internasional sebagai strategi pemasaran dan pertumbuhan.
Jika Anda telah sukses dalam bisnis Anda selama beberapa waktu dan telah menguasai segala hal tentang menjalankan bisnis, ekspansi ke luar negeri mungkin merupakan langkah logis berikutnya yang harus Anda ambil.
Di sisi lain, bagi sebagian besar lainnya, sekadar memiliki perusahaan dan alamat bisnis yang terdaftar di luar negeri lebih masuk akal bagi mereka daripada pindah ke negara asing untuk mendirikan kantor fisik.
Apa pun masalahnya, setidaknya ada 7 alasan pengusaha mendirikan perusahaan di luar negeri, anak perusahaan, atau kantor perwakilan.
1. EKSPANSI. Sekitar 95% konsumen dunia berada di luar Nigeria. Pengusaha yang visi dan target pasarnya bersifat global akan mempertimbangkan untuk memasuki pasar baru di luar negeri sehingga meningkatkan pangsa pasar dan potensi pertumbuhan perusahaan mereka secara keseluruhan.
2. KEMUNGKINAN PASAR YANG BELUM DIGALI. Kemungkinan adanya pasar yang belum digarap di yurisdiksi asing dapat memotivasi seorang pengusaha Nigeria untuk mendirikan perusahaan di luar negeri, anak perusahaan, atau kantor perwakilan perusahaan lokalnya. Pengusaha Nigeria yang memproduksi dan mengemas bahan pangan lokal untuk dijual ke luar negeri termasuk dalam kategori ini.
3. KEDEKAT DENGAN KLIEN/PELANGGAN INTERNASIONAL. Sejujurnya, Internet telah cukup membantu mendekatkan bisnis dengan pembeli. Namun, karena beberapa alasan, beberapa transaksi bisnis mungkin masih memerlukan kehadiran bisnis tradisional di kota atau negara tempat beroperasi. Kantor luar negeri dari perusahaan lokal tidak perlu terlalu besar, dan dapat berupa alamat bisnis rumahan, kantor virtual berbayar, atau kantor kecil/penghubung hanya demi mendapatkan umpan balik pelanggan dan menghubungkan kembali ke kantor Nigeria.
4. CITRA PERUSAHAAN. Untuk meningkatkan citra perusahaan mereka di mata pelanggan, pemasok, investor, dan bisnis, beberapa pengusaha cukup mendaftarkan anak perusahaan di luar negeri dari perusahaan Nigeria mereka. Hal ini memberikan kesan kepada target audiens mereka bahwa mereka adalah perusahaan dengan jaringan internasional. Dalam situasi seperti ini, “pengusaha internasional” tidak perlu mendirikan kantor fisik di luar negeri, ia hanya membayar kantor terdaftar virtual di negara tersebut ditambah layanan pengiriman surat dan telepon.
5. PERSAINGAN. Kenyataan bahwa bisnis atau merek pesaing memasuki pasar luar negeri dan berhasil memotivasi para pengusaha di bisnis sejenis untuk mengikutinya.
6. PEMBAYARAN INTERNASIONAL. Ada cukup banyak pilihan perbankan internasional yang tersedia bagi perusahaan yang terdaftar di yurisdiksi luar negeri – baik Anda saat ini berkantor pusat di negara asing atau menjalankan perusahaan asing dari Nigeria. Memiliki rekening giro perusahaan di luar negeri membuat pembayaran internasional jauh lebih mudah melalui setoran langsung, cek, atau transfer kawat internasional.
7. MIGRASI. Pengusaha yang mempertimbangkan migrasi atau pindah ke luar negeri dapat mendirikan perusahaan di negara tujuan sambil menunggu waktu perjalanan mereka.
Inggris, misalnya, memberikan Visa Pengusaha kepada orang di luar Uni Eropa untuk masuk ke Inggris guna melakukan bisnis.
Visa awal akan memberi Anda masa tinggal selama 3 tahun di Inggris; dan jika selama 3 tahun tersebut Anda dapat menunjukkan bahwa Anda memenuhi kriteria tertentu, Anda dapat mengajukan permohonan perpanjangan visa selama 2 tahun. Setelah 5 tahun, Anda akan memiliki pilihan untuk mengajukan permohonan status penduduk tetap di Inggris.