Kesalahan paling umum yang dilakukan pemasar saat membuat siaran pers adalah berasumsi bahwa jurnalis menulis cerita “tentang” perusahaan. Bisnis baru Anda, presiden perusahaan baru, karyawan baru, atau produk baru mungkin tampak bagus bagi Anda — namun kenyataan yang menyedihkan bagi pemasar adalah sebagian besar reporter tidak peduli.
Sebagai mantan reporter berita TV, saya dapat meyakinkan Anda bahwa sebagian besar siaran pers yang diterima organisasi berita langsung dibuang ke tempat sampah. Beberapa rilis yang menarik perhatian jurnalis memiliki beberapa kesamaan. Berikut tujuh jenis berita yang sering dianggap “layak diberitakan” oleh wartawan.
– Studi dan survei. Perusahaan dengan anggaran pemasaran yang sehat dapat membayar perusahaan survei untuk melakukan survei yang layak diberitakan, yang pada dasarnya menciptakan berita kapan pun mereka menginginkannya. Misalnya, situs web yang mendaftarkan apartemen dapat melakukan survei tentang seberapa banyak orang Amerika memilih menyewa daripada membeli dalam krisis ekonomi saat ini.
– Daftar. Anda selalu melihat berita berikut di berita: “10 Kota Paling Padat”, “15 Negara Bagian Paling Gemuk”, “Kota Terbaik untuk Memulai Bisnis Kecil”. Cukup pikirkan daftar yang terkait dengan bisnis Anda dan sewalah perusahaan riset untuk menghitung jumlahnya. Misalnya, perusahaan perawatan rumput dapat menerbitkan daftar “20 Kota Terbaik untuk Rumput Indah”.
– Narasi Pahlawan. Anda akan mengetahui cerita ini ketika Anda melihatnya. Pengemudi bajak salju yang membersihkan tempat parkir panti jompo di waktu luangnya. Petugas pemadam kebakaran yang mengeluarkan anak kucing dari pohon. CEO yang mempersiapkan anak-anak dalam kota untuk jalur manajemen. Untuk mengidentifikasi cerita-cerita ini, penting untuk memiliki jalur komunikasi terbuka di antara karyawan di semua tingkatan perusahaan Anda.
– Berita yang Dapat Anda Gunakan. Ini sering kali mirip dengan rilis daftar, tetapi jauh lebih murah — tidak perlu menyewa perusahaan riset yang mahal. Seringkali dapat berbentuk daftar atau poin-poin. Misalnya, “Tujuh Cara Menghindari Penyitaan”, “Tips Terbaik untuk Hewan Peliharaan yang Lebih Sehat”, atau “Cara Menghemat Uang Sewa Apartemen Anda”.
– Ikatan Berita yang Sah. Untuk memanfaatkan siaran pers jenis ini, Anda harus bertindak cepat. Peristiwa terkini bisa menjadi berita lama dalam hitungan hari. Ide cerita dalam kategori ini antara lain gereja yang mengadakan acara peringatan anak hilang dan perusahaan yang mengisi truk dengan perbekalan untuk korban bencana.
– Fitur Jauh. Semakin aneh ceritanya, semakin besar kemungkinannya untuk mendapatkan publisitas melalui siaran pers. Sebuah restoran lokal yang menawarkan hamburger seharga $500 adalah jenis cerita unggulan yang mungkin menarik perhatian media.
– Tren. Apakah populasi hewan pengerat lokal meningkat? Jika Anda berkecimpung dalam bisnis pengendalian hama, itu adalah peluang siaran pers. Idealnya, Anda memiliki fakta dan angka (poin bonus untuk grafik) untuk menunjukkan tren. Pastikan untuk menyertakan nomor yang relevan dalam siaran pers Anda.