Saat ini bulan Mei, yang secara resmi merupakan “Bulan Usaha Kecil” untuk tahun 2014. Bulan ini dimulai dengan kabar baik: ADP melaporkan bahwa usaha kecil menambah 82.000 pekerjaan di bulan April. Dan NFIP, Federasi Bisnis Independen Nasional, melaporkan bahwa Indeks Optimismenya mencapai 95, tingkat yang belum pernah terlihat sejak Oktober 2007.
Kabar baik diimbangi dengan kenyataan suram
Kabar baik ini diredupkan dengan terus adanya laporan mengenai bencana alam yang berdampak pada pemilik bisnis di seluruh negeri: kebakaran hutan di California selatan, badai hebat di negara bagian tengah, dan musim badai di pantai timur yang akan segera tiba. Dan saat saya menulis ini, saya sadar bahwa itu adalah peringatan satu tahun tornado yang meluluhlantahkan Moore, Oklahoma pada tahun 2013.
Tidak mungkin sebuah bisnis dapat bertahan dari beberapa bencana ini.
Namun setiap bisnis dapat mengambil langkah-langkah untuk bertahan dalam keadaan darurat, dan mencegahnya menjadi bencana. NFIB menunjukkan jalurnya: “Kesiapsiagaan darurat harus tertanam dalam budaya organisasi.”
Membangun budaya kesiapsiagaan
Memiliki rencana dan mempraktikkannya akan sangat membantu dalam membangun “budaya” yang diperlukan. (Faktanya, TIDAK memiliki rencana berarti meniadakan peluang untuk mewujudkannya.) Banyak sumber daya bagus yang tersedia online untuk membantu Anda menyusun rencana – dari FEMA, Departemen Keamanan Dalam Negeri, dan Palang Merah. Bahkan NFIB memiliki artikel awal yang bagus.
Rencana terbaik juga memiliki latihan terjadwal. Setiap orang perlu memahami dasar-dasar peralatan darurat atau keselamatan. Dalam banyak kasus, ketika keadaan darurat terjadi, beberapa karyawan mungkin hilang. Orang lain perlu mengambil tindakan untuk melakukan pekerjaan yang biasanya bukan pekerjaan mereka. Tidak akan ada waktu untuk pelatihan setelah bencana melanda.
Sesuaikan Rencana Kesinambungan Bisnis Anda
Namun, sebagian besar rencana umum tidak benar-benar menjelaskan secara spesifik sehingga membuat rencana tersebut efektif untuk bisnis Anda!
Untuk membantu mengisi kesenjangan ini, kami menyusun serangkaian video pendek. Masing-masing berkaitan dengan satu potensi “bagian yang hilang” dari rencana keberlangsungan usaha kecil pada umumnya.
Anda dapat melihat tiga video pertama sekarang. Mereka mencakup berbagai aspek komunikasi darurat dalam lingkungan bisnis. Dalam waktu kurang dari 16 menit Anda bisa mendapatkan beberapa rekomendasi masuk akal yang akan berlaku jika layanan terganggu untuk sementara, bangunan rusak, atau seluruh tempat kerja Anda tidak dapat digunakan.
Yang cukup menarik, minggu lalu sebuah laporan keluar dari Tinker Federal Credit Union yang cabangnya di Moore dilanda tornado Oklahoma. Salah satu rekomendasinya: “Meningkatkan komunikasi di lokasi saat terjadi bencana.”